salam

Pages

Kamis, 28 April 2011

cheilanthes

CHEILANTHES

Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhanberpembuluh)
         Divisi: Pteridophyta (paku-pakuan)
             Kelas: Pteridopsida
                 Sub Kelas: Polypoditae
                     Ordo: Polypodiales
                         Famili: Polypodiaceae
                             Genus: Cheilanthes
                                 Spesies: Cheilanthestenuifolia (Burm) Sw.

CHEILANTHES

Pakis kecil biasanya mempunyai bentuk berupa kelenjar rambut atau sisik pada daunnya . Bi-atau tri- daun pinnae menyirip di mana terlihat sangat mirip subur dan steril. Sori atau sorus mungkin berbeda atau terus menerus di sekitar batas sorus, kurang lebih ditutupi oleh perpanjangan batas daun membran yang berfungsi sebagai sebuah indusium.

Pakis ini biasanya tumbuh di rak-rak batuan atau berpasir, lereng bukit bercurah hujan baik, kadang-kadang dalam rembesan . ketika musim kemarau daun meringkuk kemudian mati. Tanaman memunculkan daun baru ketika musim hujan datang, atau mengikuti mencairnya salju. daun tua yang sudah gugur kadang-kadang muncul kembali saat hujan.


Reproduksi :
Tumbuhan paku berkembang biak secara aseksual dan seksual. Reproduksi aseksual dan seksual pada tumbuhan paku terjadi seperti pada lumut. Reproduksi tumbuhan paku menunjukkan adanya pergiliran antara generasi gametofit dan generasi sporofit (metagenesis). Pada tumbuhan paku, generasi sporofit merupakan generasi yang dominan dalam daur hidupnya.
            
Generasi gametofit dihasilkan oleh reproduksi aseksual dengan spora. Spora dihasilkan oleh pembelahan sel induk spora yang terjadi di dalam sporangium. Sporangium terdapat pada sporofit (sporogonium) yang terletak di daun atau di batang. Spora haploid (n) yang dihasilkan diterbangkan oleh angin dan jika sampai di tempat yang sesuai akan tumbuh menjadi protalus dan selanjutnya menjadi gametofit yang haploid (n).
Gametofit memiliki dua jenis alat reproduksi, yaitu anteridium dan arkegonium, atau satu jenis alat reproduksi, yaitu anteridium saja atau arkegonium saja. Arkegonium menghasilkan satu ovum yang haploid (n). Anteridium menghasilkan banyak spermatozoid berflagelum yang haploid (n). Spermatozoid bergerak dengan perantara air menuju ovum pada arkegonium. Spermatozoid kemudian membuahi ovum. Pembuahan ovum oleh spermatozoid di arkegonium menghasilkan zigot yang diploid (2n). Zigot membelah dan tumbuh menjadi embrio (2n). Embrio tumbuh menjadi sporofit yang diploid (2n). Metagenesis tumbuhan paku dapat dilihat melalui bagan metagenesis tumbuhan paku.

KUNCI ATAS JENIS:

Pinnae tanpa rambut atau skala


    Sori berbeda, pendek, berbentuk bulat, di takik C. californica
    sori lanjutan  pada setiap sisi dari siliquosa segmen C. Sori


Pinnae dengan rambut atau sisik di bagian bawah

    Sori sekitar tidak berlanjut pada setiap segmennya ; segmen utama datar, pada permukaan atas dan bawah  C. cooperae
    Sori lanjutan pada sekitar setiap segmen, segmen seperti manik


        Bagian bawah ditutupi dengan rambut wol, sebagian besar segmen oval C. gracillima
        Bagian bawah ditutupi dengan sisik lanset membran, bersegmen bulat C. covilei

Gambar. 15 CALIFORNIA LACE FERN (Cheilanthes californica) 






Gambar. 15 CALIFORNIA LACE FERN (Cheilanthes californica).
kiri: Tumbuh di celah-celah batu di mana kelembaban tersedia bagi akar. Kanan: Sori di takik daun sangat lobed atau gores.

Gambar. 16 INDIAN'S DREAM (Cheilanthes siliquosa)


Gambar. 16 INDIAN'S DREAM (Cheilanthes siliquosa). Atas : gumpalan padat terbentuk ketika tanah dan air dalam kondisi memuaskan bagi tumbuhan. Bawah: Rincian satu daun palem. Sisipkan: Pembesaran segmen untuk menunjukkan rincian sori.
Gambar 17 COOPER FERN (Cheilanthes cooperae)

 

Gambar 17 Atas: COOPER FERN (Cheilanthes cooperae). Atas: Dua daun dan batang kental. Bawah: tampilan Diperbesar pinnae berbulu lobed.
Gambar. 18 BEAD FERN (Cheilanthes covillei)


Gambar. 18 Kanan: BEAD FERN (Cheilanthes covillei). Umumnya tumbuh di celah-celah batu di tempat kering. Daun curl pada akhir musim panas. 

CALIFORNIA LACE FERN
Cheilanthes californica (Nutt.) Mett. (Gbr. 15)

Tinggi tanaman 6 sampai 12 inci, semua rimpang pendek ditutupi dengan sisik gelap dengan perbatasan pucat. Indusium dibentuk oleh margin daun, berbentuk agak bulat . Pinnae cerah hijau dan gundul.

Ditemukan di celah-celah batu dekat air, khususnya di lereng di dasar tebing, umumnya sering di tempat teduh. Kadang-kadang dikumpulkan di kaki Sierra selatan Butte County antara elevasi 2.000 dan 4.000 kaki. Hal ini diketahui dari daerah Rock Arch dan Cascade Creek di Yosemite, dan di perbukitan di bawah Sequoia National Park.
INDIAN'S DREAM
Cheilanthes siliquosa Maxon (Gbr. 16)

Pellaea densa

kelompok padat dari daun 4 sampai 7 inci tinggi muncul dari rimpang bercabang. tangkai ramping yang mengkilat berwarna coklat kemerahan, daun berbentuk segitiga secara garis besar, tri-menyirip, setidaknya di dasar, hi-menyirip pada ujung daun palem tersebut. Segmen dari pinnae mempunyai panjang sekitar 1 / 4 inci, bervariasi dari linier sampai hampir berbentuk segitiga.
Ditemukan di tempat terbuka batu-batuan di mana akar memiliki akses untuk menyerap air. Meskipun tidak umum di Sierra, spesies ini luas terjadi dari Taman Nasional Sequoia di atas Refleksi Danau dan Black Rock Pass utara ke Oregon dari ketinggian 5.000 sampai 8.500 kaki. Telah diamati di Yosemite samping banyak jalan menuju keluar dari lembah serta sepanjang Jalan Crane Flat dekat terowongan. Ia juga dikenal di Range Coast, dan timur ke Montana, Wyoming, dan Kanada timur, dan dari British Columbia.
COOPER FERN
Cheilanthes cooperae C. Makan D.. (Gbr. 17)

kelompok dari daun rapat, tinggi mencapai 3 sampai 12 inci, pinnae berbulu dan kadang-kadang kelenjar, tangkai daun coklat, gelap oblong-lanset, bi-menyirip, setiap oblong pinnule, berlekuk atau bertoreh , dan mempunyai panjang 1 / 8 ke 1 / 4 inci.
Gambar. 19 BEAD FERN (Cheilanthes covillei)
Gambar. 19 BEAD FERN (Cheilanthes covillei). sisi bawah dua daun untuk menunjukkan variasi pada satu tempat. Masukkan: atas segmen manik-suka.

Tidak umum, kadang-kadang terjadi di celah-celah tebing kapur dan tempat berbatu di kaki Sierra Nevada di bawah ketinggian 2.500 kaki. Pakis ini diketahui dari Hites Cove, Mariposa County, dan di beberapa lokasi yang tersebar dari selatan County Eldorado ke Meksiko.
BEAD FERN
Cheilanthes covillei Maxon (Gbr. 18, 19)

Tanaman ini mempunyai tinggi 2 sampai 8 inci, lebar  kurang lebih 1 1 / 2 inci, tri-atau quadri-menyirip. Atas daun hijau tanpa rambut atau sisik, bagian bawah: dan tangkai tertutup oleh sisik yg tdk layak dipakai putih pada daun muda, coklat atau yang lebih tua. Sori marjinal segmen bead-seperti, hampir tertutup oleh sisik. Spesies ini mirip gracillima C. dalam penampilan umum.

Spesies ini juga dikenal sebagai Coville's Lip Fern. Ditemukan di pegunungan berbatu kering, lereng dan di puncak. Tersebar luas di Sierra dari ketinggian 2.500 sampai 6.500 kaki serta di daerah padang pasir California selatan, di Arizona dan Nevada,
Gambar. 20 LACE FERN (Cheilanthes gracillima) 


Gambar. 20 LACE FERN (Cheilanthes gracillima) Ditemukan di celah-celah batu di tempat yang sangat kering.

LACE FERN
Cheilanthes gracillima C. Makan D.. (Gbr. 20, 21)

Clustars dari daun mempunyai tinggi 2 sampai 8 inci muncul dari rimpang tunggal dan bercabang banyak, yang terakhir ditutupi dengan sisik tipis berwarna coklat. Tangkai tanpa rambut atau sisik, berwarna coklat kemerahan. glabrous atas Bi-daun menyirip, pada bagian bawah berbulu dengan margin daun digulung untuk menutup sori marjinal. untuk linier kurang lebih berbentuk oval atau Pinnules, sering dengan lobing sedikit, terutama yang basal setiap cabang, yang mungkin tidak merata lobed.

Didistribusikan di Sierra dari Sequoia untuk Lassen Volcanic Taman Nasional, mulai dari 2.500 sampai 6.000 kaki elevasi dan juga dikenal dari Pantai Utara Ranges untuk Idaho dan British Columbia. Ini dapat diamati di Yosemite di sepanjang jalur terkemuka dari Yosemite Valley, termasuk jejak untuk Merced Lake dekat Nevada Falls.
Gambar. 21 LACE FERN (Cheilanthes gracillima) 



Gambar. 21 LACE FERN (Cheilanthes gracillima). Atas: Satu rimpang dengan beberapa daun. Bawah: Upper sisi satu daun palem.


DAFTAR PUSTAKA

Aryulina, Diah dkk. 2007. Biologi 1 SMA dan MA untuk Kelas X. Jakarta : Esis
Gastony, G. J., AND G. Yatskievych. 1992. Maternal inheritance of the chloroplast and mitochondrial genomes in cheilanthoid ferns. American Journal of Botany 79: 716–722
J. Rodin, Robert Dr. 1960.Ferns of the Sierra Nevada mountains, California
Reeves, T. 1979. A monograph of the fern genus Cheilanthes subgenus Physapteris (Adiantaceae). Ph.D. dissertation, Arizona State University, Tempe, Arizona, USA.
Windham, M. D., AND G. Yatskievych. 2003. Chromosome studies of cheilanthoid ferns (Pteridaceae: Cheilanthoideae) from the western United States and Mexico. American Journal of Botany 90: 1788–1800

0 komentar:

Posting Komentar